Rabu, 12 November 2008

Muatan Lokal

Muatan Lokal

Muatan lokal merupakan kegiatan kulikuker untuk mengembangkan kompensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tiak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain dan atau terlalu banyak sehingga harus menjadi mata pelajaran tersendiri. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan, tidak terbatas pada mata pelajaran keterampilan. Muatan lokal merupakan mata pelajaran, sehingga satuan pendidikan harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk setiap jenis muatan lokal yang diselenggarakan. Satuan pendidikan dapat menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan lokal setiap semester. Ini berarti bahwa dalam satu tahun satuan pendidikan dapat menyelenggarakan dua mata pelajaran muatan lokal.

Dengan mengacu pada sustansi yang ada di SMA Masehi 1 PSAK Semarang memberikan muatan lokal berdasarkan kebutuhan dan budaya daerah yaitu memeberikan wawasan dan keterampilan yang utuh terhadap penguasaan Teknologi Informasi dan Kominikasi dalam berbahasa inggris serta melestarikan bahasa jawa dengan bahasa ibu dalam berkomunikasi sehari-hari sambil mempelajari nilai-nilai luhur yang terdapat di dalamnya sesuai kebutuhan peserta didik dan tuntutan masyarakat lokal, nasional maupun global.

Muatan lokal yang dikembangkan di SMA Masehi 1 PSAK Semarang adalah pemenuhan kebutuhan peserta didik akan keterampilan pemanfaatan teknologi unformasi dan kominikasi dalam berbahasa inggris untuk menyongsong tantangan informasi yang global meliputi :

No.

Kelas

Muatan Lokal

1

X

1. Bahasa Mandarin

2

XI – IPA

1. Bahasa Jawa

2. Desain Grafis

3

XI – IPS

1. Bahasa Jawa

2. Kewirausahaan / Komputer Akuntansi

4

XI – Bahasa

1. Bahasa Jawa

2. Bahasa Mandarin

5

XII – IPA

1. Bahasa Jawa

2. Pemrograman

6

XII – IPS

1. Bahasa Jawa

2. Kewirausahaan / Komputer Akuntansi

7

XII – Bahasa

1. Bahasa Jawa

2. Bahasa Mandarin

Tidak ada komentar: